Minggu, 28 Oktober 2018

Spesifikasi Bugatti Chiron

Dengan kekuatan 1500 HP, spesifikasinya tentu sangat baik. Hanya selisih 250 HP dibanding Hennessey Venom GT yang mampu mencapai 435km perjam, atau setara Hennessey Venom F5 dengan kekuatan mesin 1400HP yang dipasarkan tahun 2016

Mengunakan mesin W16, 4 turbo charger dengan 16 silinder, total mesin 8 ribu cc. Mobil ini tidak berbunyi seperti mobil lain seperti Lamborghini, Ferrari atau Porsche yang berisik.  Tranmisi 7 speed, cukup 2,5 detik mencapai 100km perjam. Komponen kendaraan lebih banyak mengunakan bahan serat karbon.

Karena mesin kekuatan besar, dibutuhkan metal yang kuat. Bugatti mengunakan nikel-chromium alloy atau disebut Inconel 713 dengan titik didih sampai 2300 derajat.

Mobil seberat 2 ton dibutuhkan sistem pengereman khusus. Roda mengunakan sistem rem keramik karbon yang tahan panas, dan disk kedua untuk berfungsi sebagai pendingin. Peralatan pengereman, mengunakan sistem carbon ceramic brake disc (CSiC) untuk menahan panas.

Lebih besar, lebih tipis dari disc rem milik Veyron. Dipasangkan 8 titanium caliper roda depan dan 6 kaliper titanium di roda belakang.

Bodi mobil dibuat dengan bahan karbon dan dikembangkan perusahaan Dallara Italia, perusahaan yang sama yang membuat bodi mobil untuk INdicar.

Bugatti Chiron hanya berbeda 8kg dari sisi berat dibanding Bugatti Veyron sebelumnya.

Ketika kendaran dipacu, sistem sensor elektronik memantau panas ban. Ketika panas ban sudah mencapai suhu tertentu pada panel akan diberikan tampilan kondisi ban. Dengan sensor suhu panas ban, pengemudi dapat mengetahui kapan kendaraan bisa di gas penuh, karena ban yang lebih panas dapat mencengram jalan lebih baik.

Mobil dirancang sempurna, dibuat dengan tangan. Tidak ada kesalahan untuk disain di mobil ini, karena akan mencapai 400km perjam.
Membutuhkan waktu 7 hari untuk merakit komponen bagian mesin.

Mesin yang dirancang kecil dan rapat, tapi sangat kuat.
Hanya 5 model kendaraan termasuk Bugatti yang membuat mobil dengan kekuatan mesin diatas 800 HP.

Disain mobil dengan kecepatan 400km perjam akan menimbulkan turbolensi dibagian belakang kendaraan. Sebelum bodi kendaraan dibuat, membutuhkan prototipe yang di uji di dalam terowongan udara.

Di dalam tunnel dapat dibuat simulasi kekuatan angin mencapai 200km perjam lebih. Ketika kekuatan angin meningkat maka bagian belakang kendaraan dapat terangkat, dan membuat roda di belakang tidak menapak dengan baik. Seperti pesawat Airbus yang membutuhkan kecepatan 200km perjam untuk take off.

Untuk kendaraan dibuat sirip pada bagian belakang, agar bodi kendaraan tidak terangkat.

Tekanan udara dari arah depan dimanfaatkan untuk pendingin, dan udara masuk melalui sisi kendaraan, tepatnya pada bagian intake dibelakang pintu Chiron
Dan keluar dari belakang kendaraan, sehingga disain Chiron di bagian belakang terdapat rongga untuk mengeluarkan panas udara mesin.

Kekuatan mesin besar tidak mudah, membutuhkan pendingin mesin dengan pompa lebih cepat untuk mendingin mesin 8 liter tersebut.
Membutuhkan 10 pompa untuk membantu pendinginan mesin.

Dengan kecepatan tinggi, kendaraan ini membutuhkan ban khusus. Mengunakan ban ukuran besar dari Michelin 285 / 30 R20 dan 355 / 25 R21 untuk roda belakang, itupun dirancang khusus untuk Chiron.

Ketika dikendarai, mobil ini dapat diatur untuk Mode, Icon, Performance, Cruise, dan Classic.

Bugatti Chiron dipasarkan tahun 2016, hanya dibuat terbatas 500 unit. Itupun harus di pesan dan baru di kirim 1 tahun kedepan.

Pabrikan Bugatti menjual 250 mobil tipe Chiron dari 500 unit kendaraan Hypercar. Sebagian terjual tanpa melakukan demo unit. Walau produksi mobil tersebut hanya menargetkan 70 kendaraan pertahun. Artinya Bugatti sudah full kapasitas selama 7 tahun untuk membuat edisi terbatas 500 unit kendaraan Chiron.

Bugatti Chiron kembali mencatat rekor baru. Hanya 41,96 detik mencapai kecepatan 0 ke 400km perjam, dan berhenti ke 0km perjam.
Kecepatan 400km/jam hanya membutuhkan waktu 32,6 detik, dan sisanya untuk mengerem dengan jarak 3112 meter.

(Sumber : http://www.obengplus.com/articles/5820/1/Mobil-Bugatti-Chiron-Hypercar-1500HP-mobil-tercepat-di-dunia-Bugatti-Divo-hanya-40-unit.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spesifikasi Lamborghini Huracan

Assalamu'alaikum Wr. Wb Lamborghini merupakan pabrikan mobil kelas atas yang selalu menghadirkan jenis mobilnya yang memiliki spesifik...